my new world...

Hanya sebuah catatan kecil...

Minggu, 20 November 2011

sejenak melepas penat...

yah.. judul "sejenak melepas penat" menjadi sesuai ketika dikembalikan pada kondisi saat ini..

Terkesan lari dari masalah? No... I am not. Hanya saja memang sejak dsini hari berasa sangat cepet berlalu.. setiap hari disibukkan dengan praktikum setiap hari senin, selasa, rabu dari pagi hingga sore hari..ditambah jumat dan kamis yang juga diisi dengan kuliah plus praktikum lainnya.. sedangkan di malam harinya masih harus mengambil kursus bahasa hingga jam 8 malam.. :) luar biasa rsanya.. badan ini berasa mendapat beban yang menakjubkan setiap hari... 


Sekitar satu bulan aku dsini, ada hal yang selalu menggelitikku dari negara ini,

"Jangan pernah menganggap orang2 di sini akan memberikan rasa kasihan kepadamu,,even kamu adalah orang tua yang sedang tertatih2 mengejar bus atau tram di depannya" 

Kota ini memang sangat teratur.. untuk semua hal termasuk dalam urusan transportasinya. Sedih rasanya setiap melihat nenek2 tua berlari2 hanya untuk mengejar bus. Terasa lebih sedih lagi waktu melihat mereka ternyata tidak bisa ikut kedalam bus atau tram itu karena terlambat. Jadwal bus di negeri ini sangat teratur sekali, jadi jika tak ingin tertinggal bus cek dulu efa.de. Dan benar, aku sudah membuktikan itu smua. Terlambat naik bus berarti JALAN KAKI atau MENUNGGU bus selanjutnya.


hm...  seperti inilah kota Braunschweig.. di pagi hari sekitar pukul 7 pagi.. masi tampak lengang..:) kota kecil tapi rapi.. begitu kira2 gambaran kota ini.. 


Untuk dapat naik bus di kota ini, bagi orang awam bisa membeli tiket di dalam bus.. kalau mau irit,,, beli karcis seperti ini.. sebutannya 10er karte dengan harga 18 Euro untuk 10 kartu. Masing2 kartu berlaku untuk 90 menit.. jadi kartu ini bisa dipakai berkali2 dalam jangka waktu 90 menit..



Kota ini mengajarkan kemandirian..dan kota ini sangat menghargai orang2 yang kekurangan dalam hal fisik. kondisi ini bisa dilihat di dalam bus atau tram, pasti disediakan tempat untuk mereka.. satu contoh yang baik..:)


Tidak ada komentar: