my new world...

Hanya sebuah catatan kecil...

Rabu, 15 Februari 2012

Nilai, penghargaan atau...???

Sejenak aku tertegun antara bingung, sedih tapi juga ingin tertawa... begitu kertas hasil ujian akhir bahasa Jerman winter perios saat itu ada ditanganku.. sedikit terkejut saat kulihat beberapa kesalahan yang kubuat adalah kesalahan sepele seperti, kurang satu huruf dalam satu kata, kurang tanda baca umlaut ( " ) dan beberapa kesalahan yang mungkin buatku itu kesalahan sepele. Helaan nafas akhirnya pun keluar serasa menyalahkan diri sendiri kenapa tidak teliti :)

Aku pun melirik teman sebelahku, dia berasal dari Poland dan ternyata nilainya lebih tinggi dari yang kupunya..ya walau cuma beda 5 point tapi...
"Nice... " ujarku dan dengan tetap tersenyum aku kembali memandangi nilai yang ada di tanganku.. 
nilai ujian pertama di semster winter ini yang keluar.. hmm.... not bad pikirku....tapi mungkin juga sedikit mengecewakan.. :) tapi segera aku sadar bahwa dengan nilaiku aku LULUS!! :) Alhamdullillah...

Teringat saat Deutschlehrerin (guru bahasa Jerman) menjelaskan berapa skala nilai untuk bisa lulus di sini. Skalanya antara 1-4 dan 1 berarti perfect!!.. :) Bagaimana dengan nilaiku?? Dan sekali lagi hanya tarikan nafas dan seulas senyuman yang muncul dari bibirku..AKU LULUS..:) walau jelas tidak perfect ujarku dalam hati.. 

Siangnya, saat harus kembali ke laboratorium ada perbincangan kecil dengan temanku. Sedikit terkejut begitu aku berbincang dengannya tentang hasil ujianku kali ini. Dengan wajah yang tetap tersenyum dan dengan ringannya dia bilang "aber das ist gutt" yang artinya.. "tapi itukan bagus" dalam bahsa Indonesia. Dari pembicaraan itu dengan tegasnya dia bilang.. "Memang penting kah nilai itu?? yang penting bukannya kamu lulus??" Dan kamu sudah lulus, itu saja. 

Aku jadi berpikir...hm... jadi "PENTINGKAH NILAI ITU??" 

Pengamatanku selama di negara ini, hampir sebagian besar mahasiswa disini tidak terlalu memperdulikan berapapun nilai yang mereka dapat, buat mereka nilai bukan patokan bahwa dia bisa atau tidak.. yang mereka butuhkan hanya pemahaman..bukan nilai.. jadi begitu beberapa teman aku tanya mengenai nilai yang mereka dapat..mereka dengan santainya akan menjawab.. "aku lulus!!" (walau nilai yang didapat adalah 4.0) hmm.. indahnya jika bisa sesantai itu..:) 

Beberapa orang disini juga lebih senang mengikuti suatu kelas di perkuliahannya tapi tidak jarang mereka tidak ikut ujian di kelas tersebut. Mereka hanya ingin dapat ilmu dan bukan nilai.. 
Sedikit berbeda dengan mind set yang sudah lama bersemayam di kepalaku.. "Jika nilaimu A maka kamu mengerti, maka kamu paham semuanya" dan itu artinya nilai rendah berarti tidak tau apa-apa.. :) walau dalam kenyataannya itupun tidak bisa jadi suatu patokan :)

Sedikit banyak ada beberapa pertanyaan berkecamuk di dadaku dan juga kepalaku...jadi pentingkah nilai itu???

Hingga saat inipun aku masih mencoba mencari jawaban tentang itu.. karena mau tidak mau aku harus menyesuaikan dengan pola pembelajaran di negara ini..negara yang tidak mempedulikan berapa tingginya nilaimu.. tetapi lebih mempedulikan apakah kamu bisa mengaplikasikannya dengan baik dan benar atau tidak..

Dan semoga, untuk ke depan aku bisa lebih baik dari hari ini...:) berarapun nilainya.. asalkan sudah berusaha semaksimal mungkin pasti akan menyenangkan.. :)


yang terpenting sekarang.... AKU LULUS!!!!!!!! :D


Tidak ada komentar: